Home > Ren's Notes > Sesuatu yang Perlu Dilakukan Sebelum Shalat Jumat.

Sesuatu yang Perlu Dilakukan Sebelum Shalat Jumat.

Saat sebelum shalat jumat kemarin saya sempat berpikir sunnah sunnah apa saja yang dapat dilakukan sebelum melakukan shalat jumat.  Tentu dalam ibadah kita ingin memperoleh pahala yang lebih, salah satunya dengan melaksanakan sunnah sunnah ibadah wajib.Terus saya googling menemukan sunnah sunnah yang perlu dilakukan sebelum shalat jumat.

Shalat Jumat

Shalat

  • Mandi Sebelum Berangkat ke Masjid. Untuk mandi sebelum shalat jumaat berdasar referensi yang saya dapatkan sifatnya wajib. Sunnah atau wajib bagi saya harus dilakukan. Karena akan terasa aneh jika tidak dilakukan. Saya pernah mandi pada pagi harinya sekitar jam 7, saat shalat jumat seperti ada yang kurang. Maka saya sering mandi sebelum shalat jumat satu jam sebelumnya.
  • Memakai Pakaian yang Baik dan Rapi, Mencukur kumis dan Memotong Kuku.
  • Menggunakan Pengharum
  • Bersegera Untuk Berangkat ke Masjid
  • Sholat Sunnah Ketika Menunggu Imam atau Khatib
  • Memperbanyak Sholawat Nabi dan Doa
  • Membaca Alquran dan zikir sebelum khutbah jumat dimulai.
  • Sholat Sunnah Setelah Sholat Juma. Shalat sunnah ini bisa 2 atau 4 rakaat. Jika 4 rakaat menggunakan 1 kali salam saja.
  • Membaca Surat Al Kahfi. Nabi bersabda yang artinya, Barang siapa yang membaca surat Al Kahfi pada hari Jumat maka Allah akan meneranginya di antara dua Jumat.” (HR. Imam Hakim )

Jika ada yang salah, Koreksi saya karena saya tidak ahli dalam masalah agama. 😀

Referensi : dari berbagai sumber.

Ren’s Message:

Jika sesuatu pekerjaan  tersebut dapat menjauhkanmu dari api neraka walaupun cuma 1 cm, maka lakukanlah.

  1. September 7, 2015 at 09:35

    membaca al-kahfi itu sunnah ketika sebelum sholat jum’at atau hari jumat?

    • Ren
      September 7, 2015 at 10:34

      sepertinya sunnah hari jumat. dibaca hari kamis setelah magrib sampe hari jumat sebelum magrib. cmiiw.

  1. No trackbacks yet.

Leave a comment