Home > Ren's Free Time > BREW ( Binary Runtime Environment )

BREW ( Binary Runtime Environment )

BREW, Binatang apa itu? Itu adalah hal pertama saat saya mendengar kata BREW. Setelah saya selidiki BREW adalah suatu framework ( CMIIW ) yang digunakan untuk pengembangan aplikasi handset CDMA yang berbasis Qualcomm. Saya rasa ini hampir sama dengan J2ME yang digunakan untuk pengembangan aplikasi handset tapi perbedaannya hanya pada platform dan model bisnis saja. Untuk yang pertama akan saya jelaskan tentang bagian platform dan pengembangan dulu ( semoga penjelasan saya tidak menyesatkan ). Dalam pengembangan aplikasi berbasis BREW ada beberapa tool yang dibutuhkan yaitu:
1. Visual Studio 2005 ( Visual Studio 2008 secara teori bisa tapi saya belum pernah menggunakannya dalam membuat aplikasi berbasis BREW )
2. BREWSDKTOOLS111SP02.exe
3. BREWSDK315SP01.exe
4. BREWTOOLSSUITE311SP02.msi ( optional )
Untuk mendapatkan tool no 2-4 saya kira dapat didapatkan dari http://www.qualcomm.com/brew sedangkan untuk Visual Studio 2005 untuk mendapatkan installernya terserah anda he..he..setelah anda mendapat seluruh tool yang dibutuhkan. Lakukan proses instalasi lakukan dengan terurut dari nomer 1 sampai 3, karena untuk nomer 4 bersifat optional hanya diperlukan untuk saat akan meng-upload aplikasi yang dibuat ke handset yang sebenarnya. Untuk pengembangan aplikasi berbasis BREW sebaiknya anda megetahui dasar dasar pemrogramman C/ C++ karena itu memang bahasa pemrograman yang digunakan. Berikut beberapa ini kelebihan BREW
1. BREW menggunakan bahasa pemrograman yang familiar dengan para developer yaitu C dan C++. Developer hanya tinggal membuat program, mencobanya di simulator dan mengaplikasikannya pada handset BREW.
2. Developer dapat membuat aplikasi tanpa memperhatikan chipset device dan air interface
3. BREW bekerja lebih cepat dibanding Java karena BREW langsung bekerja pada layer hardware/device
4. Program BREW ini hanya ditulis sekali dan dapat berjalan di seluruh handset Qualcomm, karena Qualcomm telah mengintegrasikan BREW API ini pada seluruh handsetnya. Dibanding dengan J2ME yang harus dimodifikasi tergantung dari model handsetnya.
5. Dengan lisensi digital yang dikeluarkan Qualcomm, dengan otomatis maka developer BREW lebih dilindungi dari hal-hal pembajakan

Sedangkan kekurangan BREW adalah

1. Untuk menjadi seorang developer BREW dan memiliki lisensi digital atas handset untuk pengembangannya diperlukan biaya yang tidak sedikit. Tidak seperti Java dan Symbian OS yang menerapkan sistim open source.
2. Komunitas BREW masi sedikit karena terbatasnya orang atau developer yang bergabung secara resmi dengan Qualcomm.
3. Buku –buku tentang BREW masih terbatas.
4. Handset yang kompatibel dengan Java masih mendominasi di seluruh dunia dibanding dengan handset BREW.
Model bisnis BREW

Waktu pemasaran BREW bisa lebih lama dibandingkan J2ME mengingat perlunya sertifikasi program BREW. Sertifikasi ini dianggap amat penting bagi para developer mengingat tingkat kesulitan pemrograman dan biaya yang telah dikeluarkan untuk mendapatkan lisensi dari Qualcomm. Proses TRUE BREW Certification memakan waktu 2 minggu. Lalu,developer bisa mendiskusikan pembagian hasil penjualan aplikasi dengan operator, dan operator akan melakukan uji coba dengan cara mereka sendiri di dalam jaringan mereka. Developer dapat berdiskusi dengan pihak operator dalam bentuk apa program itu dipasarkan. Bisa dalam bentuk pay per download atau membayar bulanan. Selain itu dibicarakan juga soal pemasaran, apakah itu melalui free demo dalam jangka waktu tertentu atau pemakaian dalam hitungan waktu tertentu,semua ditentukan kedua pihak. Biasanya 20% dari hasil penjualan diambil pihak operator dan Qualcomm dan sisanya dibayarkan kepada developer. Namun nilai ini bersifat relatif tergantung dari kemampuan developer yang bersangkutan untuk melobi operator.Untuk bagaimana langkah langkah dasar pemrogramman akan saya jelaskan pada chapter berikutnya. Semoga bermanfaat bagi siapapun yang membaca post-saya. Danke ( CMIIW )

  1. No comments yet.
  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: