Home > Ren's Free Time > Elemen Dasar BREW

Elemen Dasar BREW

Elemen – elemen dasar dr BREW adalah BREW API, Applet, Event Handler, ClassID, Resources dan Module Information Files (MIF).

  • BREW API

BREW API sudah disediakan di dalam BREW Software Development Kit, dan BREW API merepresentasikan kelas – kelas interface dgn method – method sesuai kegunaannya masing – masing. Setiap interface memiliki ClassID yang unik dan nama setiap interface diawali dengan huruf ‘I’.

  • BREW Applet

BREW Applet adalah file yang dieksekusi oleh simulator dimana berisi source code yang sudah di compile. Kode Biner yang sudah di compile disimpan pada file .dll sedangkan kode native disimpan pada file .mod.

  • Event Handler

BREW adalah software yang bersifat event driven, dimana berarti BREW menangani event – event yang dikirim oleh platform. Event yang ditangani bukan hanya event yang berhubungan dengan user, tetapi juga event yang berhubungan dengan jalannya aplikasi itu sendiri seperti ketika aplikasi itu mulai, terhenti, maupun ketika di suspend saat SMS dan telepon masuk.

  • BREW ClassID

ClassID adalah kode 32-bit unik yang mengidentifikasi aplikasi BREW. ClassID berguna untuk meminta BREW interface dari system shell. ClassID ini disimpan di file .bid yang diperlukan saat kita ingin meng-compile program yang kita buat. ClassID ini dapat dibuat pada BREW MIF Editor

  • BREW Resource Editor

Sumber – sumber seperti tulisan, gambar, kode biner maupun dialog dapat kita masukan kedalam program BREW kita tanpa harus meng-coding-nya. Kita hanya perlu menghubungkan file resources tersebut ke program dan dapat digunakan hanya dengan mencantumkan unik ID dari resources tersebut pada program kita.

  • Module Information Files

File MIF dibuat pada BREW MIF Editor. MIF mengandung informasi mengenai module dari program BREW ini. Pada MIF Editor juga dapat dibuat logo dari program tersebut pada simulator BREW. File .mif ini diletakan pada Folder dimana terdapat folder dari aplikasi yang kita buat, hal ini dilakukan agar file .mif dapat dideteksi oleh simulator BREW.

Alur pada BREW MIF editor

Semoga bermanfaat.

Credit To MobileComm IT Telkom. Terima Kasih

  1. February 13, 2011 at 00:38

    samplenya dunk ?

    • Ren
      February 13, 2011 at 15:59

      wah maaf saya tidak ada samplenya sudah lama tidak belajar lagi tentang Brew. tapi kalau e-booknya ada.

  2. June 11, 2015 at 00:47

    Gan bisa minta ebook nya gak ?

  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: