Home > Ren's Notes > Tenang, Semua ada Jawabannya

Tenang, Semua ada Jawabannya

Dapat artikel keren gan…semoga memberi inspirasi…..

Siang itu, ketika hendak beranjak dari tempat sujud nan suci setelah melaksanakan shalat Jum’at. Pandanganku terhenti pada selembar kertas yang terjepit diantara barisan sajadah yang tersusun rapi memanjang. Di sana tertulis sebuah artikel berjudul “Mengapa Mengeluh?”. Terdapat sepuluh pertanyaan beserta jawabannya tertera pada kertas yang dianjurkan tidak dibaca ketika khutbah sedang berlangsung.

Pertanyaan pertama, Kenapa saya diuji?
Al-Qur’an menjawab, “Apakah manusia itu mengira bahwa mereka dibiarkan saja mengatakan. “Kami telah beriman, sedangkan mereka tidak diuji?” “Dan sesungguhnya Kami telah menguji orang-orang sebelum mereka, maka sesungguhnya Allah mengetahui orang-orang yang benar, dan sesungguhnya Dia mengetahui orang-orang yang berdusta.” (Q.S. Al-Ankabut:2-3)

Pertanyaan kedua, Kenapa saya tidak dapat apa yang saya inginkan?
Al-Qur’an menjawab, “Boleh jadi kamu membenci sesuatu padahal ia amat baik bagimu, dan boleh jadi pula kamu menyukai sesuatu padahal ia amat buruk bagimu. Allah mengetahui sedang kamu tidak mengetahui.” (Q.S. Al-Baqarah:216)

Pertanyaan ketiga, Kenapa saya mendapatkan ujian seberat ini?
Al-Qur’an menjawab, ” Allah tidak membebani sesorang itu melainkan sesuai dengan kesanggupannya.” (Q.S. Al-Baqarah: 286)

Pertanyaan keempat, Kenapa saya merasa kecewa?
Al-Qur’an menjawab, “Janganlah kamu bersikap lemah, dan janganlah pula kamu bersedih hati, padahal kamulah orang-orang yang tinggi derajatnya jika kamu orang-orang yang beriman.” (Q.S. Ali-Imran:139)

Pertanyaan kelima, Bagaimana saya harus menghadapinya?
Al-Qur’an menjawab, “Dan mintalah pertolongan (kepada Allah) dengan jalan sabar dan mengerjakan shalat, dan sesungguhnya shalat itu amat berat kecuali bagi orang-orang yang khusyuk.” (Q.S. Al-Baqarah:45)

Pertanyaan keenam, Kepada siapakah saya harus berharap?
Al-Qur’an menjawab, “Cukuplah Allah bagiku, tidak ada Tuhan selain daripada-Nya. Hanya kepada-Nya saya bertawakal.” (Q.S. At-Taubah:129)

Pertanyaan ketujuh, Apa yang saya dapat dari semua ujian ini?
Al-Qur’an menjawab, “Sesungguhnya Allah telah membeli orang-orang mukmin, diri dan harta mereka dengan memberikan syurga untuk mereka.” (Q.S. At-Taubah:111)

Pertanyaan kedelapan, Kenapa saya sedih?
Al-Qur’an menjawab, “Dan masa (kejayaan dan kehancuran) itu, kami pergilirkan diantara manusia (agar mereka mendapat pelajaran).” (Q.S. Ali-Imran: 140)

Pertanyaan kesembilan, Kenapa saya tak tahan?
Al-Qur’an menjawab, “…dan jangan kamu berputus asa dari rahmat Allah. Sesungguhnya tiada berputus asa dari rahmat Allah, melainkan kaum yang kafir.” (Q.S. Yusuf:87)

Pertanyaan kesepuluh, Sampai kapankah saya akan mendapat kesulitan?
Al-Qur’an menjawab, ” Karena sesungguhnya sesudah kesulitan itu ada kemudahan. Sesungguhnya sesudah kesulitan itu ada kemudahan.” (Q.S. Al-Insyirah:5-6)

Categories: Ren's Notes Tags: ,
  1. August 18, 2010 at 00:50

    sip…salam kenal ya

  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: